- Kuras cairan Anda setiap 20-30ribu KM. Manual Volvo mengatakan tidak perlu melakukannya, yang telah terbukti salah. Jika Anda tidak pernah menguras dan Anda berada pada atau kurang dari 60k, maka kuraslah sekarang.
- Gunakan Castrol TransMax, Mobil 3309 atau Dexron IV untuk semua s60/s80, biasanya butuh 12 liter
- Gunakan metode flush radiator bukan metode kuras dari drain pan
- Jika Anda memiliki lebih dari 60k km dan Anda bertanya apakah Anda harus menguras, Anda perlu melakukannya. Tapi alih-alih menggunakan metode radiator, lepaskan sumbat saluran pembuangan di bagian bawah transmisi (19mm jika saya ingat, dan berwarna kuningan) dan itu akan menghabiskan sekitar 4qts cairan. Isi sesuai panduan tanda yg ada
- Jika Anda tidak menguras minyak transmisi Anda, Anda tidak "berjudi" jika transmisi Anda akan gagal. Anda menjamin itu. Apa judi itu jika itu terjadi hari ini, besok, atau 6 tahun dari sekarang.
- SELALU update software. Salah satu alasan utama mengapa transmisi begitu salah adalah banyaknya masalah perangkat lunak yang dimiliki TCU(transmission control unit). Ini bisa dilakukan di dealer resmi volvo.
Jika transmisi Anda masih kurang mulus setelah melakukan semua ini, ada 2 masalah yang suka terjadi dengan transmisi tahun 2001-2004:
1) B4 servo cover: ini akan menyebabkan RPM melonjak seketika saat bergeser masuk / keluar gigi ke-3. Ini adalah perbaikan yang sangat sederhana dan murah. Ini benar-benar sebuah cover dengan beberapa o-rings yang telah didesain ulang berkali-kali. Www.ipdusa.com memilikinya untuk dijual dengan harga murah untuk s60 / transmission / b4 servo
2) solenoida body valve: pada dasarnya Anda harus mengeluarkan yang sudah ada, membersihkannya, dan mengganti dengan yang baru. Tidak ada perbaikan untuk ini. Itu turun ke fakta bahwa beberapa cara kerja transmisi otomatis sebelum MY2004 berukuran terlalu kecil, dan menyumbat terlalu mudah (sehingga sering kuraslah cairan transmisi matik Anda!)
Rekomendasi saya:
- lakukan servo b4 bahkan jika Anda tidak membutuhkannya jika Anda memiliki MY2001-2004 s60
- kuras oli transmisi Anda setiap 15k dengan Castrol Transmax atau mobil 3309
- PASANG OIL COOLER /pendingin transmisi (quick, easy, cheap install). Untuk di negara yg iklimnya panas menurut saya wajib!
- Dapatkan transmission temperature gauge(mudah) dan monitor suhu Anda
- dapatkan software terbaru
alamat nya gan di bekasi di mn
ReplyDeleteAlamat kami di tangerang om
Deletemohon pandangan saya nak beli s80, apa yg saya perlu tengok dulu...boleh pakai lama tak?
ReplyDeletetergantung kemauan belajar merawat mobil eropa
DeleteBisa minta kontak wanya?
ReplyDeleteSoalnya s80 sy yg 2.9 itu oli maticnya tercampur dengan air radiator, alhasil mobil gak mau jalan atau ngegerung saja. Gmn solusinya
maaf baru lihat commentnya. semoga masalahnya sudah teratasi. kalo sudah tercampur gitu sebaiknya overhaul matic dan kuras dengan oli baru. Selanjutnya dipisahkan pendingin matic sendiri, tidak gabung dengan radiator. karena untuk iklim tropis cocoknya begitu. wa 0821-2512-0585
DeleteBos mau tanya kalau matic Volvo kalau masuk gigi digas rpm lambat naik apa penyebabnya mohon infonya bos
ReplyDeleteBagaimana dengan V70XC cross country? Apa persamaan part gearbox nya?
ReplyDelete